Jumat

Tekanan Hidrostatis

Dalam perhitungan tekanan, berat fluida sangat berpengaruh sekali tehadap kuantitas tekanan. Tekanan yang dihasilkan oleh fluida menyebar ke segala arah. Fluida yang berada di sekitar kita mengalami pengaruh gaya gravitasi. Kita asumsikan bahwa zat cair dalam bentuk lapisan-lapisan sesuai dengan tingkat kedalaman yang terukur dari permukaan zat cair. Dari penalaran tersebut kita dapat menympulkan bahwa tekanan di dalam zat cair disebabkan oleh adanya gaya gravitasi yang bekerja pada tiap bagian zat cair, besar tekanan itu bergantung pada kedalalaman, makin dalam letak suatu bagian zat cair, makin besar tekanan pada bagian itu.

Tekanan di dalam fluida tak bergerak yang diakibatkan oleh adanya gaya gravitasi disebut tekanan hidrostatis. Perhatikan gambar di bawah ini.



Secara umum, tekanan hidrostatis pada kedalaman dari permukaan zat cair yang massa jenisnya di tempat dengan percepatan gravitasi adalah:



Jika tekanan di permukaan fluida adalah Po maka besar tekanan hidrostatis total di setiap titik yang berada pada kedalaman h dari permukaan adalah:



dengan:



Pada gambar di bawah ini ditunjukkan suatu fluida yang berada di dalam suatu bejana berhubungan. Kita lihat bahwa tinggi permukaan fluida pada ketiga bejana adalah sama, yang menunjukkan bahwa tekanan hanya bergantung pada kedalaman, bukan pada bentuk wadah, sehingga tekanan di titik A, B, dan C yang sama tingginya juga sama. Fenomena ini dinyatakan dalam hukum pokok hidrostatis, yang berbunyi: semua titik yang terletak pada suatu bidang datar di dalam zat cair yang sejenis memiliki tekanan yang sama.