Sabtu

Soal Diskusi Kelompok 3

Irvan sedang mencari artikel tentang Hukum Archimedes. Kemudian ia menemukan artikel menari yang didapatnya dari http://achtungpanzer.blogspot.com/2009/07/mengapa-hukum-archimedes-menjadi-sebuah.html. Ada bagian menarik yang dibacanya dalam artikel tersebut, yang berbunyi:

Archimedes diperintahkan Raja Hieron untuk mencari tahu apakah ahli emas telah menipu raja. Hieron memberi sebongkah emas kepada ahli emas untuk dijadikan mahkota berbahan emas. Walaupun mahkota ini beratnya sama dengan emas asli, raja curiga jika ahli emas ini melapisi logam yang lebih murah didalamnya dengan emas. Archimedes diperintahkan untuk mencari tahu apakah mahkota ini murni emas tanpa harus merusak mahkota itu sendiri.

Sepertinya ini merupakan pekerjaan yang mustahil. Ketika sedang mandi di tempat permandian umum, Archimedes menyadari lengannya terapung diatas air. Sebuah ide kemudian terbesit di benaknya. Dia menarik tangannya kedalam air dan dia merenggangkan lengannya. Lengannya dengan sendiri mengapung kembali ke atas. Kemudian dia mencoba berdiri dari bak, level air menjadi menyusut, kemudian dia duduk kembali, level air meningkat kembali. Dia berbaring, air naik lebih tinggi lagi, dan dia merasa lebih ringan. Dia berdiri, level air menurun dan dia merasa dirinya lebih berat. Air harusnya telah mendorong dia keatas sehingga dia merasa ringan.


Dia kemudian mengambil sebuah batu dan sebalok kayu yang memiliki ukuran sama ke dalam bak dan merendamkan mereka kedua-duanya. Batu tenggelam tetapi terasa ringan. Dia harus menekan kayu supaya tenggelam. Itu artinya air harus menekan ke atas dengan gaya yang relatif terhadap jumlah air yang tergantikan oleh ukuran objek daripada berat dari objek. Seberat apa objek itu dirasakan di air mempengaruhi kepadatan objek.Ini membuat Archimedes mengerti bagaimana memecahkan masalah raja. Dia kembali ke raja. Kuncinya adalah kepadatan. Jika mahkota ini terbuat dari logam bukan emas, dia dapat memiliki berat yang sama tetapi akan memiliki kepadatan yang berbeda sehingga akan menumpahkan jumlah air yang berbeda.


Dari artikel tersebut, Irvan mencoba menganalisis tentang konsep Hukum Archimedes yang didapatnya dari pelajaran sekolah, dan kemudian mencoba untuk membuktikannya sendiri dengan menggunakan rumus hukum archimedes yang telah didapatnya di sekolah.
Dapatkah kalian membantu Irvan menjawab pertanyaan berikut ini:

1. Bagaimanakah pemahaman kalian tentang bunyi hukum archimedes?

2. Apa yang menyebabkan batu yang dipegang oleh Archimedes tenggelam sementara kayu terapung padahal ukuran volume keduanya sama?

3. Pada saat Archimedes membuktikan pernyataannya pada Raja Hieron, apabila berat mahkota dan berat emas adalah 49 N, dan volume air yang ditumpahkan oleh mahkota dan emas masing-masing adalah 25,4 liter 46,7 liter. Maka berapakah gaya keatas dari mahktoa dan emas tersebut?

4. Setelah diketahui gaya keatas benda, dapatkah kita mengetahui massa jenisnya dan terbuat dari apa benda tersebut? Bagaimana caranya?