Sabtu

Soal Diskusi Kelompok 4

Miranda memiliki sebuah pipa U dan tiga buah cairan yang memiliki massa jenis berbeda. Cairan A memiliki massa jenis 1,2 g/cm3, cairan B memiliki massa jenis 1,0 g/cm3 dan cairan C yang belum diketahui nilai massa jenisnya. Miranda mencampurkan massa jenis A dan B ke dalam pipa U.

Setelah di ukur, cairan A memiliki tinggi 24 cm. Dapatkah kalian membantu Miranda untuk mengukur tinggi cairan B dari perbatasan antara cairan A dan cairan B?

Setelah itu Miranda mencampurkan cairan B dan cairan C. Didapatkan hasil tinggi cairan B dan C berturut-turut adalah 0,48 m dan 0,6 m. dapatkan kalian membantu miranda mengidentifikasi jenis cairan C dengan melihat dari massa jenis cairan C?

Kemudian kalian diminta Miranda untuk mencampurkan antara cairan A dan cairan C. Jika cairan A memiliki tinggi 16, maka dapatkah kalian mengukur berapa selisih antara tinggi cairan A dan cairan C?

Setelah melakukan pecobaan tersebut, dapatkah kalian menjelaskan penerapan fenomena apa yang terjadi pada percobaan menggunakan pipa U tersebut?