Jumat

Konsep Fluida

Fluida adalah suatu zat yang dapat mengalir, di antaranya adalah zat cair dan gas. Fluida memegang peranan penting dalam kehidupan kita. Berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki, fluida dapat kita bedakan menjadi dua, yaitu fluida ideal dan tak ideal. Fluida ideal mempunyai sifat-sifat sebagai berikut:

1. Tidak dapat dikompresi: dalam alirannya, fluida tidak mengalami perubahan volume. Dalam hal ini hanya fluida cair yang memiliki sifat seperti ini, sedangkan gas dapat mengalami ekspansi dan kompresi.

2. Non-viscous: dalam alirannya, fluida tidak mengalami gesekan. Dalam hal ini, baik fluida cair maudpun gas memiliki sifat tersebut. Walaupun masih terjadi gesekan di dalam alirannya, akan tetapi sangat kecil sekali untuk ikut diperhitungkan sehingga kita dapat mengabaikannya.

3. Stasioner: dalam alirannya, fluida mengikuti arah garis lurus. Dalam sifat ketiga ini, baik fluida cair maupun gas memenuhinya. Zat cair akan mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah dan alirannya cenderung mengikuti arah garis lurus jika tidak ada pembelokan yang memaksa mengubah arah aliran tersebut.

Dari uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa zat yang dapat dikategorikan sebagai fluida ideal adalah zat cair saja. Akan tetapi, dalam pembahasan tertentu, fluida gas dapat juga dianggap sebagai fluida ideal.

Tekanan pada zat cair (fluida) secara umum dibedakan menjadi dua jenis tekanan, yakni tekanan pada zat cair yang tidak bergerak (mengalir) serta tekanan yang zat cair yang bergerak (mengalir). Dalam pembahasan ini akan ditekankan pada pembahasan mengenai tekanan pada fluida statis atau fluida tidak bergerak.